28 Juli 2011

AS Sediakan 19 Kapal Patroli untuk Marinir RI


JAKARTA - Sebagai bagian dari kerja sama komprehensif antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS), ternyata 19 kapal patroli sudah disediakan kepada Marinir Republik Indonesia untuk digunakan sebagai alat patroli keamanan di laut Indonesia.

Semua kapal sudah diserahkan dan digunakan untuk melindungi sumber daya alam Indonesia. Kapal-kapal itu sudah diserahkan sekira bulan Mei lalu, ucap Wakil Dubes AS Ted Osuis di Kediaman Duta Besar AS untuk ASEAN di Jakarta, Rabu (27/7/2011).

Menurut Osius wilayah laut Indonesia sangat luas, untuk itu AS berusaha untuk membantu Indonesia dengan kapal patroli tersebut. Selain itu, kerja sama lain yang dilakukan adalah memberikan pelatihan.

Angkatan laut kedua negara memiliki hubungan sangat erat. Lima tahun tidak latihan gabungan dari kedua militer. Tahun depan ada sekira 160 latihan gabungan yang akan dilakukan, lanjutnya.

Lebih lanjut Osuis menambahkan, kedua negara memiliki kerja sama yang amat sehat dalam bidang kerja sama keamanan, termasuk juga kerja sama anti terorisme.

Lebih dari penyediaan 19 kapal, kerja samanya yang menjadi bentuk penting, khususnya dalam upaya pengamanan maritim. Inilah yang kami anggap penting dari bentuk kerja sama ini, ungkap Osius.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...