27 Juli 2011

Tiap Tahun, Indonesia Kirim 600 Perwira ke Singapura

TEMPO/Budi Purwanto
TEMPO Interaktif, Jakarta - Wakil Presiden Boediono hari ini, Rabu 27 Juli 2011, menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di Kantor Wakil Presiden. Menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, keduanya berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai hubungan bilateral 2 negara tetangga ini.

"Wapres menegaskan kunci terpenting pertahanan negara adalah membangun rasa saling percaya yang tinggi dan dalam dengan (negara) tetangga," kata Yopie usai mendampingi Wapres Boediono dalam pertemuan tersebut.

Menurut Yopie, meningkatnya kepercayaan masing-masing negara ini terbukti dengan kegiatan konkret yang telah dijalin antara Indonesia dan Singapura setiap tahunnya. Tiap tahun Indonesia mengirim 600 perwira untuk ikut pendidikan dan latihan ke sana.

"Singapura juga mengirim (perwira) ke Indonesia untuk pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)," kata Yopie. "Ini upaya membangun rasa saling percaya dan saling menghormati antara 2 tetangga."

Sebagai negara tetangga, kata Yopie, pertemanan dan kepercayaan harus terus dijaga. Dengan pertukaran perwira semacam itu pula, hubungan yang terjalin lebih kuat. "Saling kenal dengan baik, kenal pribadi, sehingga muncul saling percaya di antara perwira dan pejabat pertahanan kedua negara," ujarnya. Hal itu, menurut Yopie, adalah bentuk terbaik dalam sebuah kerja sama pertahanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...