27 Juli 2011

Pemasangan Rudal anti kapal permukaan di kapal patroli TLDM

KD Kedah


KUALA LUMPUR 26 Juli - 'Taring' Angkatan Laut Diraja Malaysia (TLDM) diperkirakan bertambah tajam tahun depan, karena enam unit kapal patroli generasi baru (NGPV) jenis KD Kedah, seluruhnya akan dipersenjatai dengan rudal anti kapal permukaan.

Sumber Utusan Malaysia di departemen Pertahanan memberitahukan, bahwa anggaran untuk pembelian rudal itu akan dimasukkan dalam putaran kedua Rancangan Malaysia Kesepuluh (RMK-10) untuk Departemen Pertahanan, yang akan dibahas dalam rapat Kabinet bulan Oktober mendatang.

Dua jenis rudal anti kapal yang sedang dipertimbangkan untuk dipasang yaitu, Exocet 40 Blok II, yang mampu menghancurkan kapal musuh dari jarak 70 kilometer (km) dan Naval Strike Missile (NSM), yang memiliki daya jelajah sejauh 180 km.

Tetapi, dipercaya bahwa pihak TLDM lebih memilih rudal NSM, dan jika disetujui oleh pemerintah, setiap kapal KD Kedah akan dilengkapi dengan delapan rudal anti kapal dari jenis itu. Rudal NSM dipilih karena ukurannya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Exocet.

"Kita memilih untuk mempersenjatai semua kapal dengan rudal anti kapal permukaan dahulu, sebelum mempertimbangkan untuk memasang rudal anti pesawat, karena jika kita memasang keduanya sekaligus, biayanya akan terlalu tinggi.

"Selama ini kapal jenis KD Kedah meskipun canggih, tetapi hanya memiliki senjata meriam utama dan sekunder saja, karena konsep pembuatan awalnyanya adalah 'fitted for but not with'. Jadi, kita pikir sudah waktunya kapal ini untuk dilengkapi dengan rudal.

"Keputusan untuk pemasangan rudal ini sesuai dengan kebutuhan TLDM. Karena semua kapal ini berfungsi untuk patroli perairan negara, maka sudah menjadi kebutuhan untuk melengkapi kapal ini dengan rudal," katanya.

Kapal patroli dari kelas KD Kedah adalah lambang kemandiri industri pertahanan Malaysia, yang dibangun dari basis kapal Meko A-100, hasil kerjasama antara perusahaan pertahanan lokal boustead Naval Shipyard dengan perusahaan Jerman.

Kapal modern tersebut, dibuat dengan konsep modular, sehingga dapat dengan mudah ditingkatkan persenjataannya, tanpa membutuhkan waktu yang lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...