10 Agustus 2011

Kapal Kedua Jenis Frigate Buatan Rusia Tiba Di Vietnam

Gepard class frigate
Kapal kedua kelas frigate Geopard yang dipesan oleh Aangkatan Laut Vietnam dari Russia telah tiba dipelabuhan Cam Ranh.

Kapal jenis frigate yang dibuat di Zelenodolsk Gorky Russia, dikirimkan ke pelabuhan profinsi Khanh Hoa dengan menggunakan kapal kargo pada 25 Juli kemarin, seperti yang telah dilaporkan diberita oleh situs VietNamNet pada hari minggu.

Kontrak sebesar US$350 juta antara Russia dan Vietnam untuk pembuatan dua kapal Geopard frigate untuk AL Vietnam ditanda tangani pada tahun 2006. Sedangkan kapal Geopard yang pertama telah dikirimkan pada tahun 2009 kemarin. 

Menurut Direktur Zelenodolsk Gorky, Renat Mistakhov, Kapal Geopard 3.9 telah membuktikan ketangguhannya selama pengujian di laut Baltic.

Kapal tersebut diberi nama "Dinh Tien Hoang" oleh Angkatan Laut Vietnam, diambil dari nama Raja Dinh Tien Hoang (923–979) yang dianggap sebagai pendiri pemerintah yang administratif di Vietnam. 

Menurut media Rusia, proyek 1166.1 Gepard 3.9 Fregat dirancang untuk mampu menyerang kapal di permukaan, kapal selam dan target udara, baik secara mandiri maupun sebagai bagian dari gugus tugas, serta untuk melakukan tugas-tugas pengawalan dan patroli.

Frigate ini memiliki bobot bersih 2.000 ton, panjang 102 meter, kecepatan maksimum 23 knot, kapasitas awak kapal 103 personil dan daya jelajah 5.000 mil. Dipersenjatai dengan sistem rudal anti kapal Uran-E, sebuah 76.2-mm gun mount AK-176M, sebuah Palma artileri untuk sistim pertahanan udara, dua 330-mm gun mounts AK-630M dan 533 mm tabung torpedo. Frigate ini juga mampu mengangkut sebuah helikopter Ka-28 atau Ka-31 Helix. 

Pembelian Geopard ini merupakan bagian dari rencana moderenisasi AL Vietnam, bersama dengan pembelian 6 kapal selam kelas Kilo dan persawat tempu Sukhoi 30MK2. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...