22 September 2011

India Tertarik Jual BrahMos ke Vietnam

Cruise missile BrahMos shown on IMDS-2007 - Wikimedia Commons

Brahmos Aerospace, perusahaan joint venture India-Rusia, pembuat rudal jelajah supersonik BrahMos, tertarik untuk memasarkan produk-nya ke Vietnam. Hal tersebut menandai meningkatnya hubungan strategis antara India dan Vietnam, menurut sumber yang dikonfirmasi.

Namun, penjualan rudal BrahMos masih tetap harus melalui proses persetujuan dari pemerintah India. Sumber juga menegaskan, Vietnam adalah negara yag masuk dalam daftar 15 "negara sahabat" yang disusun oleh dewan pengawas bersama India-Rusia dalam penjulana rudal jelajah supersonik tersebut.

"Sudah ada pembicaraan secara informal, tapi untuk proposal masih belum ada," sumber yang tidak ingin disebutkan mengatakan. "Setiap akuisisi rudal BrahMos akan memiliki nilai manfaat yang besar bagi Vietnam, dan akan meningkatkan kemampuan pertahanan," ujur sumber tersebut.

Sejauh ini, rudal BrahMos belum dijual ke negara ketiga, meskipun sudah ada beberapa negara yang menunjukkan minatnya. 

Menteri Pertahanan India Shashi Kant Sharma, sebelumnya telah melakukan kunjungan resmi ke Vietnam untuk menawarkan program pelatihan dan pembangunan kapasitas AL Vietnam di fasilitas AL India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...