28 September 2011

Lima Pati TNI AL Terima Brivet Kehormatan Kopaska dan Navy Seal

Koarmatim

Sebanyak lima Perwira Tinggi (Pati) TNI AL menerima Brivet Kehormatan Komando pasukan Katak dan Navy Seal Threedent di Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwagi Senin (26/09).
 
Perwira Tinggi Angkatan Laut tersebut adalah Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksamana Muda TNI Sumartono, Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Suhari, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ade Supandi SE., Pangarmabar Laksamana Muda Didit Herdiawan dan Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksamana Muda TNI Sadiman.
 
 
Koarmatim
 
Kegiatan itu berkaitan dengan Latihan Bersama (Latma) Flash Iron 11-02 Join Combain Exercise Training (JCET) antara Kopaska TNI AL dan US. Navy Seal yang bertempat didaerah latihan sekitar wilayah Kabupaten Banyuwagi Jawa Timur.
 
Pemberian Brifet dan pengangkatan sebagai warga kehormatan Kopaska dan Navy Seal Threedent merupakan kebijakan Kopaska dan Navy Seal atas peran serta dan jasa yang diberikan oleh ke lima Perwira Tinggi Angkatan Laut Bintang Dua itu terhadap berlangsungnya latihan bersama Flash Iron 11-02.

Sebelum mendapat brifet kehormatan Kopaska dan Navy Seal ke 5 Pati Bintang Dua itu ikut melaksakan gladi tempur dalam pembebasan sebuah kapal very penyeberangan Ketapang Gilimanuk saat terjadi aksi perompakan dan pembajakan pada malam hari itu.
 
Pati TNI AL itu bergabung dengan tim Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) gabungan Kopaska dan Navy Seal dengan menggunakan dua buah kedaraan laut cepat Sea Rider milik Kopaska dan satu buah Helly Bolcow dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Juanda Surabaya.
 
 
Koarmatim
 
Dalam sekenario pembebasan kapal very itu tim Kopaska dan Navy Seal serta rombongan Very Important Person (VIP) melaksanakan operasi penanggulangan aksi pembajakan dilaut Maritime Interdiction Operation (MIO) menggunakan sarana Rigit Hull Inflatable Boat (RHIB) dari pelabuhan Tanjung Wangi menuju dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwnagi.
 
Aksi pertempuran antara tim VBSS melawan pembajak yang menguasai kapal berlangsung selama kurang lima belas menit. Tim VBSS melaksanakan Boarding keatas kapal melalui dua buah Sea Rider dan Vast Roping dari Helicopter secara serentak.
 
Penyergapan secara serentak dan tiba-tiba itu membuat konsentrasi pembajak terpecah dan dalam waktu singkat tim Kopaska dan Navy Seal berhasil melumpuhkan satu persatu pembajak dan berhasil menguasi obyek-obyek vital dikapal seperti anjungan, ruang mesin dan kemudi darurat.
 
Kapal berhasil sepenuhnya dikuasi dan diambil alih oleh tim VBSS gabungan VIP, Kopaska dan Navy seal. Selanjutnya VIP yang terdiri dari lima Pati bintang dua TNI AL itu diarak menuju Lapanagan Apel Lanal Banyuwagi untuk mengikuti upacara penyematan brifet kehormatan.
 
 
Koarmatim
 
Latihan Bersama Flash Iron merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh TNI AL dan US Navy dua kali dalam setahun yaitu pada awal tahun diselenggerakan di Kopaska Koarmabar dan di pertengahan tahun diselenggarakan di Kopaska koarmatim.
 
Materi secara umum dalam latihan ini adalah taktik dan strategi dalam penyelenggaraan peperangan laut khusus atau Naval Special Warvare. Hadir dalam upacara itu pejabat dari Koarmatim, Lantamal V Surabaya, Kobangdikal dan unsur Muspida Kabupaten Banyuwagi.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...