13 September 2011

RI-Serbia Jalin Kerja Sama Pertahanan


Jurnas.com | INDONESIA meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dengan Serbia. Kedua negara menandatangani nota kesepahaman diwakili menteri pertahanan kedua negara.

Kedua negara sepakat bekerja sama di bidang kebijakan strategis pertahanan, dukungan logistik, kerja sama industri pertahanan, pendidikan dan pelatihan, serta kerja sama lainnya.

Selain bertemu dengan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro, Menhan Serbia Dragan Sutanovac akan melakukan kunjungan ke PT Dirgantara Indonesia (PT. DI) dan PT. Pindad untuk menjajaki kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan.

“Menhan Serbia juga akan mengunjungi PT DI dan Pindad untuk membicarakan kerja sama lebih konkret,” kata Purnomo usai penandatanganan nota kesepahaman RI-Serbia di Kementerian Pertahanan di Jakarta, Selasa (13/9).

Kedua negara juga membuka akses pendidikan dan pelatihan militer untuk level S2 dan S3.

“Gubernur Akademi Militer Serbia akan berbicara dengan Universitas Pertahanan. Akan ada pertukaran SDM untuk level S2 dan S3,” katanya. Serbia telah menawarkan pengiriman staf militer RI untuk mengikuti pendidikan di Serbia. Sebelumnya, kedua negara telah menjalin kerja sama harmonis di bidang militer.

Namun kerja sama ini sempat terputus karena Serbia (saat itu masih bernama Yugoslavia) terkena embargo PBB pada 1991.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...